Kamis, 24 November 2011

kanker payudara

BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
     Menurut WHO 8-9% wanita akan mengembangkan kanker payudara ini membuat, kanker payudara adalah seperti semacam paling berbahaya pada wanita kanker. Setiap tahun lebih dari 250.000 kasus kanker payudara didiagnosa di Eropa dan kurang lebih 175,000 di Amerika Serikat. Masih menurut WHO kanker payudara, tahun 2000 yang 1,2 juta wanita yang didiagnosis dan lebih dari 700,000 meninggal karenanya.

Tidak ada statistik yang akurat al data di Indonesia, meskipun data di bawa bersama-sama dari rumah sakit menunjukkan bahwa.  
      Kanker payudara mabuk sesi biaya-pertama antara kanker lainnya pada wanita. Kanker payudara adalah penyebab kanker terkemuka dari wanita. Setiap tahun, di Amerika Serikat 44,000 pasien meninggal karena penyakit ini, seperti di Eropa dari lebih 165,000. Setelah pengobatan appfoximetely putaran 50% tentang pasien kanker mengembangkan payudara menyelesaikan panggung dan hanya bertahan 18-30 bulan (www. Asuransinomor1. Com / Kanker payudara-. Diacses 18,55 pada 3 Oktober 2011).


    
Kanker payudara juga merupakan masalah penting bagi kesehatan masyarakat. Di Indonesia, penyakit bernama yang paling ditemukan pada wanita setelah kanker serviks, insiden jaringan kanker payudara sesuai diredakan dengan usia. Kanker payudara ditemukan dari tahap awal memiliki prognosis yang lebih baik. Berdasarkan data di rumah sakit darmais kanker, enviros 50% pasien datang sudah dalam stadium IV. Hal ini tidak berbeda dengan apa yang biasa terjadi di negara hanya mengembangkan, di mana hanya 20% envirous kanker payudara kasus datang dalam tahap awal. Sangat jauh dari angka 80% dalam tahap 1 dan 2 dalam mengembangkan negara (Ackogtg. Wordpress.Com/2008/kanker payudara. Para acses 19,08, pada 2 Oktober 2011).

    
Biasanya menyerang wanita berusia 40-50 tahun, tetapi saat ini sudah mulai ditemukan pada usia 18. Kanker yang paling ditemukan dari stadium lanjut, sehingga proses penyembuhan kesulitan. Brest kanker untuk membuat beberapa rasa takut kehilangan komunikasi dengan tubuh, operasi citra dan kematian. Penyebab pasti, dari kanker payudara tidak tahu dengan jelas, dengan jumlah studi (www. Ubaya.ac.ad / .. / www.klinik-Ubaya. Para acses 19,12, pada 2 Oktober 2011).
 

B.  Masalah
1. Bagaimana untuk memeriksa kanker mammae?
2. Bagaimana untuk mendiagnosa penyakit kanker payudara?
3. Apa pengobatan penyakit kanker payudara




BAB II
TINJAUAN TEORITIS

A. Definisi
    
Kanker payudara adalah penyakit yang ditandai terjadinya pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel atau jaringan payudara, kanker dapat ditemukan pada pria dan wanita. Seperti halnya kanker ini merupakan penyakit yang berada di urutan ke-5 dari jenis-jenis kanker yang menyebabkan kematian, setelah kanker paru-paru,kanker rahim,kanker hati, dan kanker usus.

 B.
Faktor Risiko
           
Ini adalah beberapa faktor risiko kanker payudara (Rama, 2008:70):
a. Genetik
         
Dua jenis gen yang sangat mungkin menjadi risiko kanker payudara adalah BRCA1 dan BRCA2. Jika seorang wanita penderita kanker payudara, maka  kemungkinan memiliki risiko kanker payudara dua kali lipat dibandingkan dengan perempuan lain yang keluarganya tidak memiliki satu pun penderita kanker ini.
b. Umur
            
Peningkatan kanker payudara pada usiaremaja ke atas.
c. Penggunaan obat
          
Sebagai contoh, seorang wanita yang menggunakan obat terapi penggantian hormon seperti hormon eksogen. Akan beresiko lebih besar terkena serangan kanker payudara.
d. Faktor lain
1. Faktor-faktor yang berhubungan dengan diet:
  •   Sebuah peningkatan berat badan pada saat pasca menopause
  •  alat berat lemak diet tinggi
  •  Minum alkohol
2. Faktor hormonal dan reproduksi
  •   pertama menstruasi pada usia muda relatif (<12 tahun).
  •  Menopause di usia tua relatif (> 50 tahun).
  •  Tidak pernah melahirkan
  •  Infertilitas
  •  Tidak menyusui
  •  Penggunaan kontrasepsi oral (pil KB) untuk periode aprolonged (≥ 7 tahun).

C.Klinis
           Adanya 
benjolan aneh di sekitar jaringan payudara atau salah satu payudara tampak lebih besar. Pada umumnya, benjolan initidak menimbulkan rasa sakit dan semula berukuran kecil, tapi kemudian membesar dan seperti melekat pada kulit. Salah satu tanda penting dari kanker payudara adalah puting susu yang mengkerut ke dalam. puting itu juga  juga awalnya pink, tapi kemudian coklat dan bengkak. Hal ini terjadi karena sering keluar cairan  pada puting ketika tidak menyusui lagi (Rama, 2008:70-71).

D.Jenis Kanker Payudara
         
Menurut Saryono dan pramitasari (2008) ada beberapa jenis kanker payudara:
a) Untuk berasal dari duktus
  •  Karsinoma intraductal
  •  Karsinoma schirous
  •  Karsinoma hedulase
  •  Penyakit Paget
b) Lobe adalah karsinoma lobuler berasal dari.

E.Tahap
         
Menurut Rasjidi dan Hartanto (2009) ada beberapa tahapan kanker payudara. Mereka adalah sebagai berikut ini: 
Tahap 0: tahap sel kanker payudara tetap dalam kelenjar, tanpa invasi ke jaringan payudara yang normal        yang berdekatan.
Tahap 1: ukuran tumor 2 cm atau kurang, dan batas sayang ke kelenjar getah bening yang normal
Tahap IIA: tumor tidak ditemukan di payudara, tetapi sel kanker ditemukan kelenjar getah bening ketiak, atau  tumor lebih besar dari 2 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening ketiak
Tahap IIB: tumor yang lebih besar dari 5 cm tapi belum menyebar ke kelenjar getah bening ketiakv
Tahap IIIA: Tumor ukuran apapun dimana kanker menyebar ke kelenjar getah bening ketiak, ada menempel struktur lainnya.
Tahap IIIB: kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekat tulang dada.
Tahap IIIC: tidak ada tanda-tanda kanker atau di payudara atau menyebar ke dinding dada.
Tahap IV: Ukuran tumor dan berapa banyak yang ada ketika menyebar di organ lain atau kelenjar getah bening supra clavicula di dalam stadium IV.

 
F.Prognosis      Secara umum, semakin kecil tumor jauh lebih baik prognosisnya. Karsinoma payudara, tidak semata-mata kondisi patologis yang terjadi semalam. Ini karsinoma atau iginate oleh perubahan genetik dalam sebuah sel tunggal. Membutuhkan hampir 16 kali penggandaan untuk karsinoma telah tampak secara klinis, jika waktu penggandaan adalah 210 hari, maka perlu waktu 17 tahun sebelum karsinoma dapat diraba (Rasjidi dan Hartanto, 2009:71-72).






BAB III
PEMBAHASAN

A.  Payudara Pemeriksaan
  1. Inspeksi (melihat)
      Untuk membandingkan ukuran (simetris) atau antara payudara kanan dan kiri. Ada atau tidaknya kelainan dari puting payudara (papilla mammae). Lokasi dan bentuk penarikan (retraksi) puting, kelainan kulit, tanda-tanda, peradangan, kelainan warna, dan bisul (Hawari, 2004:83).
 
 
     2.   Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)
          Semua wanita di atas usia 20 harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan dan segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda menemukan benjolan. Pemeriksaan payudara sendiri, sangat penting dianjurkan kepada masyarakat karena hampir 86% dari benjolan payudara ditemukan oleh pasien sendiri .
Teknik-teknik cara untuk pemeriksaan payudara sendiri adalah:
  • Berdiri di depan cermin dengan dada terbuka.Lengan bawah: bandingkan besar dan payudara kiri dan kanan. Lengan atas: catatan di atas sekali lagi
  •  Berbaringlah (sebaiknya  leher diganjal sedikit dengan bantal) dengan jari-jari II dan IV dilakukan pada perabaan semua diri payudara dari atas ke bawah dari pusat ke tepi (Saryono dan Pramitasari, 2008:19-21).


  
3.  Pemeriksaan Klinis
   
Pemeriksaan payudara klinis digunakan untuk mendeteksi kelainan yang ada di payudara dan mengevaluasi kanker payudara pada tahap awal sebelum di berkembang menjadi tahap yang lebih lanjut. Untuk wanita rata-rata usia 40 tahun atau lebih mudah, deteksi dini adanya massa payudara pada payudara lebih efektif menggunakan periksaan klinis (Rasjidi, 2009:79).

  
4.  Pemeriksaan Radiologi (Mamografi)
       
Pemeriksaan dilakukan dengan x-ray untuk mengambil gambar dari samping dan atas masing-masing payudara. Mamografi adalah senjata efektif untuk mendeteksi dini kanker payudara karena dapat mendeteksi hampir 80-90% dari semua kanker payudara.

 B. 
Diagnostik
      
Kanker payudara dapat ditentukan dengan mengambil contoh jaringan payudara yang telah berkembang ke benjolan. Metode ini akan dapat mengetahui jenis pertumbuhan sel yang terjadi, apakah tumor jinak atau ganas / kanker (Suryono dan Pramitasari, 2008: 24 - 26).

 
C.  Pengobatan
         
1.  Operasi
       
Mastektomi radikal (pengobatan seluruh payudara, kelenjar getah bening ketiak dan otot dinding dada) kini ditinggalkan dan indikasi yang sangat, sangat tarif untuk tindakan tersebut. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa bagi kebanyakan tahap awal kanker payudara, lumpectomy (pengangkatan tumor saja) diikuti oleh radioterapi adalah pengobatan pilihan. Sekitar 50% pasien 0f dengan kanker payudara di Amerika saat ini diperlakukan dengan.
Radioterapi adalah penggunaan sinar berenergi tinggi (seperti x-ray) untuk membunuh atau mengurangi sel-sel kanker. Setelah operasi radioterapi mengurangi tingkat kekambuhan 50-75%. Namun, radioterapi dapat menyebabkan efek samping di kemudian hari.

         
2.   Pengobatan sistemik

  • Tamoxifen bekerja langsung pada reseptor estrogen hadir dalam sel-sel kanker sehingga dapat shirin kanker 30%.
  • Goserilin, yang apporoximately 40% wanita premenopause dengan estrogen reseptor positif atau dengan metastasis menanggapi goserelin
  •  kemoterapi adalah penggunaan obat antikanker, biasanya melalui suntikan atau infus oral.Obat ini masuk ke dalam darah dan dapat membunuh sel kanker yang telah menyebar, namun efek sampingnya adalah bahwa obat juga dapat merusak sel-sel sehat, sehingga pada saat pasien mengalami efek samping seperti kelelahan, mual, kehilangan nafsu makan, dan rambut jatuh (Saryono dan Pramitasari, 2008:27-29).


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

1. Kesimpulan
       
Pencegahan adalah tujuan utama dari pengobatan penyakit payudara, yang mempengaruhi banyak wanita setiap tahun. Pengetahuan adalah jelas faktor yang diperiksa mangenai awal. Usia kelahiran pertama pada 30 tahun atau lebih, nulipara, terapi hormon insulin, penyakit payudara proferatif atau hiperplasia atipikal dan terapi radiasi waktu yang lama. Faktor Ganetik termasuk riwayat keluarga kanker kanker, ovarium dan mutasi BRCA1 dan BRCA2, asidosis yang kurang jelas antara kanker payudara dengan menyusui kontarasepsi oral, obat kesuburan, konsumsi alkohol, obesitas, menopause terhadap orgonoklosin.

     
Termasuk pencegahan primer pada wanita remoxilifen mengandung energi meskipun pasien harus diperiksa dengan hati-hati harus menggunakan obat. Mastektomi Profilaktif adalah pengobatan pilihan pada beberapa wanita berisiko tinggi, terutama wanita dengan riwayat kanker payudara pada diri sendiri atau keluarga. Sangat penting untuk memahami wanita ini untuk mengurangi risiko kanker payudara. Agen Kometerapi untuk pencegahan dari raloxifen seperti terbaru, retinoid, dan protein kedelai yang saat ini sedang dalam penilitian untuk menentukan efektivitas pencegahan kanker.
Kanker payudara skrining pada populasi umum di volves hanya pemeriksaan mamografi dan klinis mulai dari 20 tahun pada wanita dengan risiko tinggi. Rekomendasi skrining kurang jelas, tapi monitor diperlakukan ketat. Wanita dengan BRCA1 dan BRCA2 penyakit harus dimulai pemeriksaan pada usia 25-30 tahun.

2. Saran
     
Perempuan harus menjaga dan merawat payudaranya agar tidak terkena penyakit, terutama kanker payudara dan meningkatkan kesadaran untuk pemeriksaan baik dalam bentuk pemeriksaan payudara sendiri atau pemeriksaan klinis. Kemudian segera melaporkan ke dokter jika ada benjolan di payudara sebelum mereka menjadi ganas. Selain itu segera pengobatan jika kanker payudara ditemukan baik menggunakan obat atau operasi.











referensi:

Dadang Hawari. 2004. Kanker Payudara Dimensi Psikoreligi. Cetakan Pertama. Jakarta: Gaya Baru.

Diananda Rama. 2008. Seluk Beluk Kanker Mengenala. Cetakan Kedua. Jakarta: Katahati.

Rasjidi, Hartanto. 2009. "Kanker Payudara". Dalam, Imam Rasjidi, Kusumo (Ed). 2009. Pencegahan Dini Kanker Deteksi pada Wanita. Hlm 51-93. Cetakan Pertama: CV Sagung Seto.

Saryono, Roischa Dyah Pramitasari. 2008. Perawatan Payudara. Yogyakarta: Mitra Cendika Prees.

www. Asuransinomor1.Com/Kanker Payudara. Para acses 18,55, pada 3 Oktober 2011.
www. Ubaya.ac.ad / .. / www.klinik-Ubaya. Para acses 19,12, pada 2 Oktober 2011.
Ackogtg. Wordpress.Com/2008/kanker payudara. Para acses 19,08, pada 2 Oktober 2011.

4 komentar: